Kecilnya Gaji Pilot, Tapi ..



Ada beberapa faktor yg memilih honor  seseorang pilot, diantaranya

Maskapai penerbangan tempat ia bekerja.
Total jam terbang
Masa kerja dan tingkatan/pangkat/jabatan masing-masing
Nah, sang karenanya, sebaiknya engkau  nir eksklusif tergoda dan berharap buat pribadi dapat gaji yang pungkasnya 50-70 juta per bulan setelah lulus menurut sekolah pilot. Pasalnya, engkau  nir pribadi mendapatkan pangkat tertinggi sebagai Captain, melainkan melewati tahap demi tahap jenjang karir pada penerbangan.

Ini beliau asumsi gaji pilot pada Indonesia berdasarkan jabatan:

First officer (FO).
FO inilah jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot pada global penerbangan. Pada biasanya, FO ini baru diizinkan buat menerbangkan pesawat berukuran mini   & tentunya masih didampingi sang Capt. Kisaran gaji buat FO ini yaitu 15-20 juta. Jika FO ini merogoh lisensi ATPL & ME  dan memenuhi jumlah jam terbang tertentu, ia mampu naik jabatan sebagai Senior First Officer, Copilot, & kemudian Captain.

Co-pilot.
Tugas co-pilot yaitu mendampingi atau menjadi wakil dari Captain/komandan penerbangan. Ini bukan berarti co-pilot itu lebih rendah dari Captain. Karena tugasnya menjadi wakil, maka Co-pilot mesti mempunyai kemampuan yang sama dengan Kapten lantaran tugasnya menggantikan ketika Captain nir mampu melanjutkan penerbangan pesawat. Co-pilot ini duduk sempurna disamping mendampingi kapten. Kisaran honor  buat Co-Pilot ini yaitu 30-40 juta.

Captain atau komandan/kapten.
Captain inilah yg bertugas menjalankan mesin buat menerbangkan pesawat & bertanggung jawab terhadap segala sesuatnya sesuatunya selama masa penerbangan. Penghasilan pilot pada Lion Air rata-homogen 45 juta/bulan. Tidak jauh berbeda, Garuda Indonesia juga menaruh honor  pokok pada pilot-pilotnya sebanyak 47,7 juta per bulan. Begitupun dengan Sriwijaya Air, AirAsia, Citilink, dan perusahaan penerbangan top lainnya.

Kecilnya Gaji Pilot, Tapi ..